Beberapa Kesalahan dalam Disain Rumah

Rumah, kadang walaupun direncanakan dengan baik, dengan Arsitek yang berpengalaman, memiliki kesalahan-kesalahan. Baik disadari maupun tidak.

Uniknya, kesalahan ini terjadi menahun. Dilakukan terus menerus hingga banyak yang tidak menyadari jika hal itu merupakan suatu kesalahan. Ada juga Arsitek yang tidak tahu, tetapi ‘ikut-ikutan’ membuat kesalahan tersebut.

Bak Bunga/Planter Box “Mengambang”

Bak bunga atau Planter Box yang “Mengambang” baik di depan Jendela sebuah kamar atau diatas lantai 1 sebuah gedung, biasanya ditujukan untuk memberi keindahan dan suasana hijau. Banyak dari kita membuat bak bunga itu di depan jendela atau dilantai atasnya dalam disain sebuah rumah dan gedung.

Sayangnya, banyak desainer yang tidak mengerti esensi dari perletakkan bak bunga ini. Hingga, hanya menjadi tempelan semata tanpa tau apa fungsi dan mempertimbangkan konsekuensi dari adanya planter box tersebut.

Karena sering terjadi, planter box tersebut malah akan mempersulit dari segi perawatan. Baik perawatan bagi rumah itu sendiri, maupun perawatan bagi tanaman yang ditanamnya di dalamnya.

Tanaman harus dirawat dengan melakukan penyiraman. Hal ini sulit tentu sulit dilakukan jika penempatannya dilantai atas? Dan jikapun bisa dilakukan, maka “cipratan” air dan tanah yang ada di bak bunga akan mengotori dinding dan kusen disekitarnya. 

Alhasil, kebanyakan pot bunga, jadi bunga mati dan tidak terawat. Inilah kesalahan disain yang menurut saya seringkali dilakukan. Ada baiknya dipertimbangkan kembali atau jika sangat ingin, fikirkan juga agar dalam perawatannya menjadi lebih mudah.

Topi-topi yang Terlalu Dekat Overstek Atas

Dalam desain rumah minimalis, topi-topi adalah salah satu hiasan dalam fasade rumah. Permainan topi, bantalan, tali air dan sedikit variasi batu alam atau marmer umum kita jumpai dalam fasade rumah minimalis.

Tetapi dalam desain Arsitektur, semua desain harus tetap berdasarkan fungsi. Dalam Arsitektur bentuk mengikuti fungsi (Form follow fungtion). Jika fungsinya tidak ada, atau bahkan menganggu, maka desain itu dianggap sia-sia dan tidak berguna sama sekali.

Bentuk topi jendela yang diletakkan dan terlalu dekat dengan oversteak, baik oversteak atap maupun oversteak lantai atas maupun Balcone adalah sebuah kesalahan dalam sebuah desain bangunan. Selain tidak berfungsi (baik sebagai penahan air hujan maupun sebagai peneduh dari panas), topi ini juga akan mempersulit dari segi perawatan. Karena diatas topi ini, mudah terjadi kotor yang sulit dibersihkan.

Baca juga:  Membuat RAMP yang Ideal untuk Parkir Basement Gedung atau Rumah

Pipa Pembuangan dalam Kolom

Saya sampai tidak habis fikir, bagaimana sebuah rumah yang di desain oleh Arsitek bisa melakukan hal ini, yaitu menempatkan pipa pembuangan kotoran pada sebuah kolom yang kadang menembus hingga ke sloof.

Dan anehnya, hal ini umum dilakukan pada banyak perumahan. Memang pada banyak kasus, penempatan pipa seperti ini dirasa lebih simpel dan hemat. Lagi pula, mungkin sebagian mengganggap selama ini kebiasaan seperti itu tidak pernah menimbulkan masalah.

Padahal Kolom atau sloof terdiri dari 2 komponen yang masing-masingnya memiliki fungsi yang penting. Yang pertama adalah besi, yang berfungsi menahan gaya tarik. Dan kedua adalah beton, yang berfungsi menahan gaya tekan.

Bagaimana bila fungsi salah satunya dikurangi? Maka yang terjadi adalah tidak berfungsinya salah satu, atau setidaknya berkurang kekuatannya.


(Visited 552 times, 1 visits today)

1 thought on “Beberapa Kesalahan dalam Disain Rumah”

  1. Selamat pagi Desain David,

    Saya ingin menanyakan cara membuat Ramp turunan ke parkiran basement di rumah saya.
    Tinggi lantai basement ke pintu basement 2 meter 15 cm, sedangkan tinggi lantai ke dak lantai di atas basement adalah 2 meter 40 cm (sudah termasuk ring balk dak bagian atas.

    tinggi dak lantai atas adalah 80 cm dari permukaan jalan.

    yg saya tanyakan bgm jalan turunan / ramp ke basement dibuat, jika kendaraan saya adalah sejenis Mitsubishi Strada Triton.

    Makasih atas masukannnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *